cool hit counter

PWM Kalimantan Tengah - Persyarikatan Muhammadiyah

 PWM Kalimantan Tengah
.: Home > Berita > MDMC Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

Homepage

MDMC Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

Jum'at, 27-11-2015
Dibaca: 1282

Palangka Raya (27/11) - Bencana kabut asap yang terjadi beberapa waktu lalu di Kalimantan Tengah telah berakhir seiring dengan datangnya musim hujan, namun masih menyisakan dampak dari bencana tersebut, terutama masalah kesehatan. Banyak masyarakat yang masih mengeluhkan kesehatannya akibat kabut asap, seperti batuk-batuk yang tak kunjung sembuh, bahkan masih banyak warga yang terdiagnosa ISPA.

MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Centre) atau Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah Pusat telah mengirimkan tim medis ke Kalimantan Tengah, dimana tim ini akan melakukan pelayanan kesehatan pasca bencana kabut asap di daerah yang diinformasikan terpapar kabut asap parah. Tim yang terdiri dari empat orang anggota ini diutus MDMC Pusat dari Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran UNISMUH Makassar, dr. Nur Faisal Majied dan dr. Muzdalifah dibantu relawan dari Public Health Syaidha, S.KM dan mahasiswa FK UNISMUH Vendy Ramadhan.

Selama bertugas di Kalteng, tim bekerjasama dengan MDMC Kalteng melaksanakan pelayanan kesehatan di Kasongan, desa Riyang Bana dan desa Dahian Tunggal Kabupaten Katingan, kemudian dilanjutkan di desa Mantaren Kabupaten Pulang Pisau.Tim telah melakukan kajian pelayanan kesehatan, dari tiga tempat pelaksanaan kegiatan  di Kabupaten Katingan, dimana masih banyak warga terdampak kabut asap kurang terlayani dikarenakan fasilitas layanan kesehatan seperti Puskesmas jauh dari tempat tinggal, dan kurangnya pemahaman masyarakat akan dampak kabut asap terhadap kesehatan, sehingga banyak warga yang enggan ke Puskesmas atau rumah sakit untuk memeriksa kesehatannya. Hal ini dibuktikan masih banyak warga  mengeluhkan gangguan pada pernafasannya yang dirasakan semenjak kabut asap lalu. Sedangkan di Kabupaten Pulang Pisau, kebutuhan layanan kesehatan sudah terpenuhi oleh sistem layanan kesehatan normal dengan penderita ISPA yang sudah tidak begitu banyak.

Di Pulang Pisau, tim bersilaturahim dengan Kepala BPBD Pulang Pisau dan Kepala Dinas Kabupaten Pulang Pisau yang difasilitasi oleh Ketua PDM Pulang Pisau. Dari hasil pertemuan, didapat informasi tentang penanggulangan bencana kabut asap dan rehabilitasi pasca bencana kabut asap di Pulang Pisau. Sedangkan di Kota Palangka Raya, tim bertemu dengan PWM Kalteng, Rektor UM Palangkaraya dan Direktur RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya untuk melaporkan hasil kegiatan serta merekomendasikan agar MDMC Kalteng lebih diperkuat dengan melibatkan UM Palangkaraya dan RSI PKUM Palangka Raya. Tim juga sempat berkunjung ke Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya. (Van)

 


Tags: Dakwah Sosial
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Kabar Persyarikatan



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website